Malaikat di Pintu Masjid

Source: Google Image
Senang. Itulah yang seyogianya kita rasakan ketika berada di hari Jum'at. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sebaik-baiknya hari dalam peredaran matahari adalah yaumul Jumu'ah (hari Jum'at)." HR Muslim  

Hari Jum'at adalah harinya umat Muslim, penuh berkah dan ampunan, juga merupakan hari di mana Nabi Adam diciptakan dan dimasukkan ke dalam Surga. Namun, tahukah Anda, terdapat malaikat di setiap pintu masjid pada hari tersebut.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila hari Jum'at tiba, di setiap pintu masjid terdapat malaikat yang mencatat orang-orang yang paling awal datang maupun setelahnya. Ketika imam duduk di mimbar, malaikat itu melipat lembaran mereka dan mendengarkan khutbah."

Sikap malaikat, sebagaimana yang tersurat dalam hadits tersebut, patutlah menjadi teladan bagi orang-orang yang tak ingin Jum'atnya sia-sia dikarenakan bersikap acuh tak acuh terhadap imam yang tengah khutbah.

Syahdan, "...Orang-orang yang bergegas pergi untuk melakukan shalat Jum'at pada awal waktu sama halnya dengan orang yang berkurban Unta, sedangkan yang berikutnya seperti berkurban Sapi, selanjutnya seperti berkurban Kambing, dan yang terakhir seperti berkurban telur." HR Muslim

Referensi:
Zaki Al-din 'abd Al-azhim Al-mundziri, Ringkasan Shahih Muslim.
Previous
Next Post »