Selayang Pandang Peristiwa Isra' Miraj

Source: Google Image
Bulan Muharram mengingatkan kita akan peristiwa Hijrah, bulan Ramadhan mengingatkan kita akan peristiwa Nuzulul Qur'an, bulan Dzulhijjah mengingatkan kita akan peristiwa Qurban, bulan Syawal mengingatkan kita akan Idul Fithri, bulan Rabi'ul Awwal mengingatkan kita akan Maulid Nabi, dan bulan Rajab mengingatkan kita pada peristiwa yang hari ini kita peringati, yakni Isra' Mi'raj.

Isra' Mi'raj merupakan perjalanan terhebat yang pernah terjadi sepanjang sejarah peradaban manusia. Menurut Quraish Shihab, kata Isra' berarti "perjalanan malam", sedangkan Mi'raj adalah "alat untuk naik".

Isra' Mi'raj atau perjalanan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dari Masjidil Haram (Makkah) menuju Masjidil Aqsha (Palestina), kemudian naik ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh, lalu kembali ke Makkah hanya dalam waktu semalam dipahami sebagai peristiwa suprarasional, tidak dapat dihayati, kecuali melalui pendekatan imani. Sangat menakjubkan.

Di dalam al-Qur'an, Allah mengawali cerita Isra' Mi'raj dengan menggunakan kalimat tasbih, namun tidak demikian ketika Allah menceritakan tentang penciptaan Nabi Adam, tenggelamnya Fir'aun dan bala tentaranya di laut merah, kaum Tsamud yang ditelan bumi, dan umat Nabi Hud yang ditiup angin topan. Ini menandakan betapa hebatnya peristiwa Isra' Mi'raj itu.


Quraish Shihab, Lentera Al-Qur'an
Ceramah KH Zainuddin MZ, Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW
Previous
Next Post »